Tugas 3

APA ITU BISNIS ?

Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba . Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha , yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

 

SEBERAPA BESAR PENGARUH BISNIS DALAM KEHIDUPAN SAYA ?

            Dalam kehidupan setiap manusia pasti tidak akan terlepas dari bisnis, baik itu bisnis yang terbilang masih kecil-kecilan ataupun sudah termasuk bisnis yang tergolong besar atau dalam ruang lingkup yang luas. Hampir di setiap hari ataupun setiap kegiatan yang kita lakukan, kita pasti akan menjumpai contoh-contoh kecil dari bisnis.

Begitupun dalam kehidupan saya, tidak dapat saya pungkiri kalau hampir di setiap kesempatan saya selalu melakukan bisnis, misalnya saja saat saya berada di kampus ada teman saya yang menawarkan produk yang dijualnya (misalnya baju atau aksesoris), sebagai wanita dan juga anak kuliahan tentu saja apa yang dijualnya itu sangat membuat saya tertarik dan secara otomatis pasti saya akan berbisnis dengan teman saya itu, mulai dari melihat produk yang di jualnya sampai kepada menentukan berapa harga yang akan saya bayar. Dalam menentukan berapa harga yang akan saya bayar itulah bisnis yang sedang saya lakukan. Tentu saja saya akan membuat penentuan harga yang serendah mungkin namun dengan barang yang cukup bagus atau cukup berkualitas. Contoh tersebut adalah satu dari banyak contoh yang terjadi dalam kehidupan saya.

Sebenarnya saya hanya dapat berrbisnis dalam kehidupan sehari-hari, maksudnya saya bukanlah seorang pembisnis yang terjun langsung untuk melakukan suatu penjualan, saya lebih suka untuk berbisnis dalam kegiatan membeli dan bukan menjual, karna memang saya akui mungkin saya tidak mempunyai bakat untuk menjadi seorang pembisnis. Karna kebetulan keluarga saya adalah keluarga yang jauh dari kata bisnis, ayah saya adalah seorang TNI dan ibu saya adalah seorang Ibu Rumah Tangga, namun saya pernah mendapatkan bekal tentang bisnis dari kakak saya, kebetulan dia sering sekali menjadi member dari suatu produk sehingga itu membuat dia sering sekali berhadapan dengan customer dan berbisnis secara langsung.

Saya sangat ingin mempelajari bisnis lebih luas lagi karna saya tahu bisnis itu sangat luas dan sangat bermanfaat untuk saya dikemudian hari nanti. Terimakasih~

 

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s