Tugas 4

Faktor-faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Bisnis di Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bisnis di Indonesia. Dari beberapa buku pengantar bisnis yang ada, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor tersebut adalah :

1. faktor politik

Bagi para pengusaha, tujuan, kebijakan dan stabilitas politik menjadi faktor penting dalam berusaha atau berbisnis. Situasi politik yang tidak mendukung akan berdampak negatif bagi dunia usaha dan begitu pula sebaliknya.

Contoh : Toko “Rafa” membuthkan faktor politik untuk memajukan bisnisnya, contoh factor politik dalam hal ini adalah dalam bentuk kerjasama dengan pemasok, kerjasama dalam memasarkan produk yang dijualnya dan juga dalam hal bersaing dengan toko-toko lain.

2. faktor ekonomi

Kondisi perekonomian disuatu negara secara langsung dapat mempengaruhi kestabilan bisnis dari perusahaan. Semakin buruk kondisi ekonomi, maka akan semakin buruk pula kestabilan bisnisnya.

Contoh : Selain factor politik, dalam memajukan bisnisnya toko “Rafa” juga membutuhkan faktor ekonomi, pemilik toko tersebut harus meninjau secara langsung bagaimana kondisi perekonomian disekitar tokonya, dengan hasil dari tinjauan tersebut maka dia bisa menentukan berapa harga pasaran yang akan dia pasarkan.

3. faktor sosial

Kondisi sosial masyarakat selalu bersifat dinamis dan berubah dari masa ke masa, oleh karena itu perusahaan selalu dituntut untuk mampu mengantisipasi perubahan kultur sosial masyarakat. Beberapa penyebab terjadinya kondisi seperti ini misalnya karena gaya hidup, kultural, adat-istiadat, sikap, demografis, pendidikan, ekologis maupun etnis.
Perubahan kondisi sosial biasanya terkait dengan perubahan sikap dan gaya hidup akibat peningkatan pendapatan , perubahan strata sosial maupun peningkatan dari perkembangan teknologi.

Contoh : Toko “Rafa” harus dapat menjual barang-barang yang uptodate, karna seperti dikatakan di atas kalau perubahan social biasanya terkait dengan perubahan gaya hidup masyarakatnya.

 

 

4. faktor teknologi

Setiap perusahaan yang ingin tetap unggul dan berkembang bisnisnya, maka harus selalu mengikuti trend perkembangan teknologi terkini, sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat selalu uptodate sesuai dengan keinginan konsumen

Contoh : dalam menjalankan bisnisnya toko “Rafa” harus menggunakan teknologi yang terbaik, misalnya saja mesin kasir otomatis, troli belanja terbaru,dan teknologi-teknologi lain yang dapat menunjang pertumbuhan bisnisnya agar lebih pesat lagi.

http://sitabungadia.wordpress.com/2010/09/21/faktor-faktor-apa-saja-yang-mempengaruhi-bisnis-di-indonesia/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s